Melatih 5 Kebiasaan Sehat Sejak Kecil

Posted on
Kesehatan itu ibarat menabung. Gak bisa kita dapat dengan cara instant, melainkan melalui sebuah proses yang seharusnya dimulai, bahkan, sejak kita lahir. Masalahnya, bayi baru lahir sampai mencapai usia tertentu, untuk aktivitas pribadinya masih sangat tergantung pada orang lain. Bayi dan anak-anak sangat tergantung kepada orangtua dan lingkungan terdekatnya untuk merawat dirinya sendiri.
Supaya anak-anak mencapai kualitas hidup sehat, ada 5 kebiasaan sehat yang aku wajibkan pada diriku sendiri sebagai seorang ibu untuk aku biasakan sejak mereka kecil. Tantangannya, beda anak beda karakter, beda-beda juga milestonenya. Jadi aku gak berani pasang target yang sama untuk setiap anak. Yang penting 5 kebiasaan sehat ini sudah mereka kuasai paling gak sebelum mereka masuk sekolah.
1. Bangun dan mandi pagi
Kebiasaan mandi dan bangun pagi aku biasakan sejak bayi. Hal ini sebenarnya gak sulit buatku karena waktu baru lahir, jadwal mandi bayi di rumah sakit pagi-pagi banget. Kadang-kadang jam 5 pagi susternya udah datang mau mandiin :))) Nah, setiba di rumah, dilanjutkan lagi meskipun gak pagi-pagi banget. Antara jam 6 sampai jam 7 pagi mereka sudah mandi. Semakin besar, ya, semakin pagi. Terutama yang sudah sekolah. Tantangannya apa? Ya, ibunya juga gak boleh malas bangun dan mandi pagi hahahaha.
2. Sikat gigi 
Nah, sikat gigi ini wajib banget hukumnya. Kalau sakit, masih boleh gak mandi. Tapi sikat gigi tetap wajib dilakukan 2x sehari. Pagi sesudah makan dan malam sebelum tidur. Anak yang masih kecil banget kadang-kadang suka ketiduran sebelum gosok gigi. Mau bangunin gak tega, kan? Kalau aku sih biasanya tetap bangunin hehehe *ibu tega* atau giginya dibersihkan pakai kasa basah. Sebisa mungkin anak-anak gak makan/minum yang manis-manis menjelang tidur supaya kalau anaknya ketiduran sebelum gosok gigi, membersihkannya gak terlalu susah.
3. Istirahat teratur
Buat anak-anakku, istirahat sama dengan tidur. Minimal jam 8 malam sudah harus tidur. Jadi minimal 1 jam sebelumnya sudah persiapan tidur. Persiapan tidur itu adalah, anak udah makan, udah minum susu, udah gosok gigi, tubuhnya udah bersih, udah ganti baju bersih juga, dan yang penting acara main yang bikin keringetan, UDAH SELESAI :))) Yang boleh itu, baca buku, dengerin musik atau tidur-tiduran sambil dengerin papinya mendongeng. Biasanya kalau mereka pergi tidur dalam keadaan bersih dan suasana yang damai gitu, tidurnya juga lebih tenang dan bangun gak pake rewel. Ini jadi berkaitan dengan poin kebiasaan bangun pagi di atas itu tadi. Sejak kecil anak udah terbiasa dan punya alarm tubuh yang teratur. Siangnya harus istirahat atau tidur minimal 1 kali dan gak terlalu lama. Maksimal tidur siangnya 2 jam supaya malamnya gak susah tidur. Makin besar, jam istirahat siangnya biasanya makin berkurang, disesuaikan dengan aktivitas anak.
4. Cuci tangan
Umumnya anak-anak suka main air. Membiasakan mereka cuci tangan sebenernya gampang karena di pikiran mereka, cuci tangan sama dengan main air. Selama ibunya sabar nemenin anaknya “main air” dan bolak-balik gantiin baju :D, makin mudah membiasakan mereka cuci tangan. Makin besar anaknya, ya, sambil diajarinlah cara cuci tangan yang bener dan kapan harus cuci tangan. Jadi main air tanpa tujuannya gak berkelanjutan 🙂
5. Minum air putih
Udah tau dong, ya, manfaat air putih untuk tubuh. Dulu, salah satu anakku ada yang susaaah banget minum air putih. Urusan minum aja mesti tarik-tarikan urat leher dulu -__- Bukan karena dia gak suka air putih, tapi karena malas atau lupa karena keasyikan main. Akhirnya sejak itu tiap anak punya botol minum masing-masing dan mereka harus menghabiskan air di botolnya sampai jangka waktu tertentu sebelum diisi ulang.
Sebenarnya ada lagi sih beberapa kebiasaan sehat yang sebaiknya dilakukan anak-anak sejak kecil, misalnya seperti olahraga/aktivitas fisik daripada main game dan makan buah dan sayur. Tapi 5 di atas itu yang menurutku paling penting karena dasar banget dan akan dilakukan setiap hari. Aku juga membedakan kebiasaan sehat dan kebiasaan-kebiasaan baik. Kapan-kapan aku sharing juga deh kebiasaan baik yang kami pilih untuk dikenalkan pada anak sedini mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *