Tips Supaya Anak Tidur Nyenyak Sepanjang Malam

Posted on
Setiap keluarga pasti punya kebiasaan masing-masing, termasuk kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan supaya bisa tidur nyenyak sepanjang malam. Keluarga yang sudah memiliki anak biasanya menjadikan mendongeng, mendengarkan musik, atau membaca buku menjadi kegiatan rutin yang dilakukan saat menjelang tidur. Ada juga yang harus mendapat perlakuan khusus supaya mudah tidur. Moses suka banget punggungnya digaruk-garuk sambil didongengin. Ashira, walau udah abege, kalau dipeluk erat-erat, pasti langsung lelap. Maira, sukanya pindah kesana kemari mencari tempat dingin. Dan kalau sudah ketemu tempat nyaman, dia langsung tidur, meskipun di lantai tanpa alas apapun. Namun ada pengantar tidur yang selalu setia menemani anak-anak.
  • Musik Dan Lagu
Lirik lagu di atas merupakan lagu pengantar tidur yang kerap aku dendangkan untuk meninabobokan anak-anak saat mereka masih bayi. Biasanya sambil berbaring di sebelahnya dan mengusap-usap punggung mereka. Gak usah dibayangkan, ya, sudah berapa ribu kali aku mendendangkan lagu itu, secara ada 5 anak yang tidurnya harus aku keloni berganti-gantian selama hampir 15 tahun ini. Hehehe.
Tidur dikeloni Mama sambil minum ASI dan didendangkan lagu, belum tentu membuat mereka langsung tidur. Terutama setelah umur mereka di atas 1 tahun. Kadang-kadang sudah lama dikeloni, mereka bangun lagi dan main lagi. Kalau sudah terlalu lelah dan mengantuk, tapi sulit tidur, jadinya malah rewel. Kalau sudah begitu, aku punya jurus ampuh berikutnya, yaitu memutar CD lagu favorit mereka.
Anak-anak memang punya lagu pengantar tidur favorit masing-masing. Awalnya, sih, aku memutar lagu apa saja yang sekiranya enak untuk menjadi pengantar tidur. Tapi seiring waktu dan pengamatan, ternyata ada 1 lagu yang benar-benar bisa membuat mereka terlelap. Dan kalau lagu tersebut berhenti sebelum tidurnya lelap, pasti matanya melek lagi. Hahaha.  Asyah, sulungku yang sekarang berumur 15 tahun, waktu bayinya cuma bisa tidur kalau diputarkan By Your Side -nya Sade. Ashira dan Bima lagu pengantar tidur favoritnya sama, Aubrey -nya Bread. Moses agak berat nih, baru bisa tidur sambil mendengar alunan Violin Romance No.2 Beethoven. Sedangkan Maira, memilih Make It Mine, Jason Mraz.

 

  • Dongeng Dan Buku

 

Kebiasaan mendengar lagu atau musik favorit menjelang tidur, pelan-pelan mulai tergantikan dengan aktivitas lain seiring bertambahnya umur mereka. Membaca buku atau mendongeng menjadi aktivitas favorit sebelum tidur. Seru deh kalau papinya anak-anak sudah mulai mendongeng. Anak-anak suka dilibatkan juga untuk menentukan jalan cerita. Kadang-kadang kakak-kakak abege ikutan nimbrung mendengarkan dan ikut tertawa terbahak-bahak kalau ada yang lucu. Seringnya sih kalau ada yang minta didongengin, jadinya malah main dan bercanda bersama, bukannya cepat tidur karena suasana jadi ramai dengan suara dan tawa mereka. Membaca buku sebenarnya membuat suasana lebih tenang karena ada alunan musik yang menemani. Tapi gak masalah, koq. Anak-anak yang pergi tidur dengan hati bahagia biasanya gak pernah rewel saat bangun keesokan harinya.

 

  • Anti Nyamuk Tanpa Repot Tanpa Asap

 

Siapa sih yang senang diganggu nyamuk saat tidur? Suara nging-ngingnya aja udah mengganggu banget. Anak-anak pasti mengeluh dan rewel deh kalau banyak nyamuk. Apalagi kalau sampai digigit. Maira, kalau digigit nyamuk, bekas gigitannya biasanya seminggu baru hilang. Selain dengingnya mengganggu kenyamanan saat tidur dan gigitannya bikin gatal, nyamuk juga menjadi sumber penyakit yang cukup berbahaya, seperti DBD dan malaria.
Zaman dulu, anti nyamuk masih sedikit sekali variannya. Waktu aku masih kecil, orangtuaku selalu memasang anti nyamuk bakar. Meskipun berbau dan berasap, gak ada pilihan lain selain anti nyamuk bakar itu. Yang penting bisa tidur nyenyak gak diganggu nyamuk.
Setelah berkeluarga dan punya anak, anti nyamuk jadi benda wajib yang harus selalu tersedia di rumah. Yah, pastinya pemikiranku sama dengan orangtuaku waktu aku masih kecil dulu. Saat anak tidur pun, orangtua ingin selalu memastikan anak-anaknya tetap terlindungi. Untungnya sekarang ada banyak varian anti nyamuk yang tersedia di pasaran.
Memilih anti nyamuk gak bisa sembarangan loh. Apalagi kalau mau dipasang di kamar anak-anak. Anti nyamuk itu harus aman untuk kesehatan, efektif mengusir dan melindungi keluarga dari nyamuk sepanjang malam, sehingga kita bisa tidur nyenyak tanpa asap, tanpa repot, tanpa nyamuk. Kalau dulu orangtuaku gak punya pilihan lain selain anti nyamuk bakar, sekarang ada banyak pilihan yang lebih baik, seperti Baygon Liquid Electric Anti Nyamuk.
Baygon Liquid Electris Anti Nyamuk adalah inovasi terbaru dari Baygon yang efektif mengusir dan melindungi keluarga dari gigitan nyamuk sepanjang malam. Varian Baygon Liquid Electric Anti Nyamuk ini ada 3, yaitu Baygon Liquid Electric Base, Baygon Liquid Electric Advance dan Baygon Liquid Electric Dual Power. Ketiganya memberikan perlindungan anti nyamuk dengan inovasi terbaru dengan keunggulannya masing-masing. Ketiganya sangat efektif mengusir dan melindungi keluarga dari nyamuk sepanjang malam, bahkan untuk nyamuk tersembunyi sekalipun, sehingga kita bisa tidur nyenyak tanpa asap, tanpa repot, tanpa nyamuk. Teman-teman blogger biasanya pakai varian Baygon Liquid Electric Anti Nyamuk yang mana nih?
Baygon Liquid Electric Anti Nyamuk, aromanya sangat lembut TANPA ASAP, sehingga aman untuk kesehatan dan gak bikin mata jadi perih. Ada 3 varian isi ulang dengan keharuman berbeda, yaitu keharuman reguler (pine scent), lavender dan harum alami kayu putih (natural eucalyptus scent).
Cara penggunaan Baygon Liquid Electric Anti Nyamuk ini pun TANPA REPOT. Tinggal colok pemanasnya ke kontak listrik. Kalau lampu indikatornya menyala, berarti pemanasnya sudah bekerja. Dengan penggunaan 8 jam sehari, 1 botol Baygon Liquid Electric Anti Nyamuk cukup untuk tidur nyenyak TANPA NYAMUK selama 45 malam. Praktis banget, kan? ^_^
Nah, kalau tiga pengantar tidur itu sudah lengkap, pasti deh anak-anak tidur nyenyak. Jam 9 malam biasanya mereka sudah tertidur semua. Jarang sekali ada yang tidur di atas jam 9 malam. Moses itu malahan tiap mau tidur selalu mengingatkan, “Mama, udah pasang obat nyamuk, belum?” Hahaha! Terbukti, ya, pengantar tidur yang selalu dilakukan sejak mereka masih bayi membuat jadwal tidur mereka jadi teratur dan nyenyak sampai pagi ^_^ Alhamdulillah, pagi hari penuh drama akibat bangun kesiangan atau anak rewel, jarang sekali aku alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *